ARSIP BLOG

Minggu, 28 Maret 2010

tugas mtk

NAMA:SIRONIMUS
KELAS:B
NIM:292008259
M.K:KONSEP DASAR MTK III

SOAL

1. APA YANG ANDA PAHAMI TENTANG KONGRUENSI DAN KESEBANGUNAN. BERIKAN PENJELASAN TENTANG PERSAMAANNYA DAN PERBEDAANNYA
2. APA YANG ANDA PAHAMI TENTANG SEGI TIGA, SEGI EMPAT, SEGI 7, DAN SEGI-n
3. APA PERBEDAAN SEGI-n BERATURAN DAN TIDAK BERATURAN
4. APA PERBEDAAN ANTARA BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG. JELASKAN JAWABAN ANDA
5. APA YANG ANDA PAHAMI TENTANG TRANSFORMASI
6. APA PERBEDAAN DARI REFLEKSI, ROTASI, DILATASI, DAN TRANSLASI. BAGAIMANA LANGKAH MEMBELAJARKAN MASING-MASING MATERI TERSEBUT!

jawab:
1.yang saya pahami tentang kongruensi yaitu:panjang sudut sisi sama besar
contoh: Perhatikan gambar pencerminan bangun datar berikut.


Belah ketupat ABCD dicerminkan terhadap garis lurus l sehingga terbentuk bayangan Mengapa titik D tetap? Belah ketupat ABCD dan A'B'C'D memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Oleh sebab itu kedua bangun tersebut disebut kongruen atau sama dan sebangun. Ditulis ABCD = A'B'C'D.

Sedagkan kesebangunan yaitu: sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama, Bangun hasil dilatasi dengan benda aslinya mempunyai bentuk yang sama tetapi ukuran panjang sisinya berbeda. Jadi perbedaannya yaitu kongruesi mempunyaipanjang sudut sisi sama besar sedangkan kesebangunan sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama Bangun hasil dilatasi dengan benda aslinya mempunyai bentuk yang sama tetapi ukuran panjang sisinya berbeda.

2.yang di maksud segi n yaitu :segi yang tak dapat di sebutkan satu persatu atau dengan kata lain segi banyak contoh: sisi (garis pada tepi bidang): --tiga{empat,lima dsb}.
Segi tiga yaitu: sisi suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut .contoh: Menurut panjang sisinya:
• Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sebagai akibatnya semua sudutnya juga sama besar, yaitu 60o.
• Segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini memiliki dua sudut yang sama besar.
• Segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya berbeda panjangnya. Besar semua sudutnya juga berbeda.




Segitiga sama sisi Segitiga sama kaki Segitiga sembarang
Menurut besar sudut terbesarnya:
• Segitiga siku-siku adalah segitiga yang besar sudut terbesarnya sama dengan 90o. Sisi di depan sudut 90o disebut hipotenusa atau sisi miring.
• Segitiga lancip adalah segitiga yang besar sudut terbesarnya < 90o
• Segitiga tumpul adalah segitiga yang besar sudut terbesarnya > 90o




Segitiga siku-siku Segitiga tumpul Segitiga lancip



• . Segiempat adalah bangun datar yang dibentuk dengan menghubungkan dengan empat buah titik yang tidak segaris.
Jenis-jenis segiempat:
 Persegi
Persegi adalah bangun segiempat yang memiliki empat titik sudut dan empat sisi yang sama panjang. Pertemuan setiap dua sisi tersebut saling tegak lurus.
 Persegi panjang
Persegi panjang adalah bangun segi empat yang ke empat sudutnya siku-siku dan sisi yang berhadapan sama panjang.
 Jajar genjang
Jajar genjang adalah bangun segi emapat yang sisi-sisi berhadapannya sama panjang dan sejajar.
 Belah ketupat
Belah ketupat adalah bangun segi empat dengan sisi yang berhadapan saling sejajar, ke empat sisinya sama panjang, dan sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
 Layang-layang
Laying-layang adalah bangun segi empat dengan dua pasang sisi yang berdekatan masing-masing sama panjang.
 Trapesium
Trapesium adalah bangun segiempat yang tepat memiliki sepasang sisi berhadapan sejajar.
• segi tujuh adalah bangun datar yang dibentuk dengan menghubungkan tujuh buah titik yang tidak segaris
3.a. segi-n beraturan adalah beberapa bangun datar memiliki segi yang beraturan dan jumlahnya lebih dari empat segi, contoh , segi banyak beraturan antara lain: segi enam beraturan, segi delapan beraturan, segi dua belas beraturan dan seterusnya.

• b. segi-n tidak beraturan adalah beberapa bangun datar memiliki segi yang tidak beraturan dan jumlahnya lebih dari tiga segi. Contoh, segi lima, segi tujuh, dan sebagainya
4.belah ktupat yaitu: Belah ketupat adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang sama panjang, dan memiliki dua pasang sudut bukan siku-siku yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.sedangkan layng-layang adalah: Sedangkan Laying-layang adalah bangun segi empat dengan dua pasang sisi yang berdekatan masing-masing sama panjang.
5.Transpormasi yaitu: adalah suatu teknik untuk menyederhanakan permasalahan dalam suatu sistem yang mengandung masukan dan keluaran, dengan melakukan transformasi dari suatu domain pengamatan ke domain pengamatan yang lain.
Dalam matematika jenis transformasi ini merupakan suatu konsep yang penting sebagai bagian dari analisa fungsional, yang dapat membantu dalam melakukan analisa sistem invarian-waktu linier, seperti rangkaian elektronik, osilator harmonik, devais optik dan sistem-sistem mekanik. Dengan mengetahui deksripsi matematika atau fungsional sederhana dari masukan atau keluaran suatu sistem, transformasi Laplace dapat memberikan deskripsi funsional alternatif yang kadang dapat menyederhanakan proses analisa kelakukan dari sistem atau membuat suatu sistem baru yang berdasarkan suatu kumpulan spesifikasi.
6.Translasi (pergeseran) adalah suatu pemindahan semua titik dalam suatu bidang dengan besar dan arah yang sama.
Rotasi adalah perputaran yang ditentukan oleh titik pusat rotasi, besar sudut rotasi dan arah sudut rotasi.
Refleksi adalah suatu transformasi yang memindahkan setiap titik pada bidang dengan menggunakan sifat bayangan cermin.
Dilatasi adalah transpormasi yang mengubah ukuran bangun giometri ( memperbesar atau memperkecil ) tetapi tidak mengubah bentuk bangun giometri.

Cara mengajarkannya :
 Tranlasi : misalkan benda berada pada titik awal, kemudian digeser 5 cm dari titik awal, apa yang terjadi benda tersebut berpindah tempat.
 Rotasi : dengan menggunakan arah jarum jam, berputar mengelilingi lapangan.
 Refleksi : dengan menggunakan cermin, benda dicerminkan sehingga menghasilkan bayangan.
 Dilatasi : dengan menggunakan alat peraga, misalnya boneka kecil yang kemudian dikalikan beberapa kali sehingga menjadi boneka besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar