ARSIP BLOG

Senin, 29 Maret 2010

NOVITA APRIANI(292008265) KLS: B

NAMA : NOVITA APRIANI
NIM : 292008265
KELAS : B
TUGAS MATEMATIKA.
1.Apa yang anda pahami tentang kongruensi dan kesebangunan , berikan penjelasan tentang persamaan dan perbedaannya ?
2.Apa yang anda pahami tentang segitiga , segiempat, segi 7 , dan segi - n ?AAA
3. Apa perbedaan segi-n beraturan dan tidak beraturan
4. Apa perbedaan antara belah ketupat dengan laying-layang ,jelaskan jawaban anda !
5. Apa yang anda pahami tentang transformasi ?
6. Apa perbedaan dari refleksi , rotasi , dilatasi , translasi. Bagaimana langkah pembelajaran masing- masing materi tersebut ?
Jawaban :
1.kongruensi : sama persis,besar sisi sama, sudutnya sama
Dua segitiga dikatakan kongruen jika dipenuhi salah satu dari syarat berikut :
a. Ketiga pasang sisi yang bersesuaian sama panjang (sisi,sisi,sisi).
b. Dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut yang dibentuk oleh sisi-sisi itu Sama besar (sisi, sudut ,sisi ).
c.Dua sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi yang menghubungkan kedua titik
Sudut itu sama panjang (sudut, sisi, sudut ).


Kesebangunan : Dua segitiga dikatakan sebangun jika memenuhi salah satu syarat berikut :
1. Perbandingan panjang sisi-sisi yang bersesuaian senilai.
2. Dua pasang sudut yang bersesuaian yang sama besar.
2. Yang saya ketahui tentang segitiga,segiempat , segi 7, dan segi – n adalah:
a.segitiga : sebuah bangun datar yang di bentuk dari tiga buah titik yang tidak seletak satu
sama lain dan setiap dua titik di hubungkan oleh sbuah ruas garis.mempunyai
sudut 180 . A+ B+ C = 180
rumusnya :luas =1/2* alas* tinggi
L = ½ a*t
Keliling = sisi A + sisi B + ssisi C
K = a + b+ c
Menurut panjang sisinya:
Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sebagai akibatnya semua sudutnya juga sama besar, yaitu 60o.
Segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini memiliki dua sudut yang sama besar.
Segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya berbeda panjangnya. Besar semua sudutnya juga berbeda.
Menurut besar sudut terbesarnya:
Segitiga siku-siku adalah segitiga yang besar sudut terbesarnya sama dengan 90o. Sisi di depan sudut 90o disebut hipotenusa atau sisi miring.
Segitiga lancip adalah segitiga yang besar sudut terbesarnya < 90o
Segitiga tumpul adalah segitiga yang besar sudut terbesarnya > 90o

b.segiempat : suatu bangun datar yang memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
c.segi 7 : suatu bangun datar yang di bentuk oleh 7 titik yang di hubungkan oleh 7 garis
lurus
d. segi-n : suatu bangun datar yang di bentuk oleh garis pembentuknya sebanyak n garis .
sehingga pertemuan antara garis-garis pembentuknya membentuk n buah titik
sudut ,segi n di mulai dari segi empat,segi tiga. segi lima dan seterusnya
3. perbedaan segi-n beraturan dan tidak beraturan
Segi-n beraturan : setiap sisinya sama panjang
Besar setiap sudutnya sama
Segi-n tak beraturan : panjang sisinya berbeda
Besar setiap sudutnya berbeda
4. perbedaan antara belah ketupat dengan layang-layang
Belah ketupat : adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat
buah rusuk yang sama panjang, dan memiliki dua pasang sudut bukan
siku- siku yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.
Sifat-sifat belah ketupat :
a. Semua sisinya sama panjang.
b. Diagonalnya merupakan sumbu simetri.
c. Pasangan sudut yang berhadapan sama besar

Layang-layang : adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing pasangannya sama panjang dan saling membentuk sudut.
Sifat-sifat layang-layang adalah:
1. Memiliki 4 sisi yang sepasang-sepasang sama panjang,
2. Sepasang sudut yang berhadapan sama besar,
3. Memiliki 2 diagonal,
4. Salah satu diagonalnya membagi dua sama panjang dan tegak lurus diagonal lainnya,
5. Salah satu diagonalnya merupakan sumbu simetri,dan
6. Memiliki simetri lipat.


5. transformasi : suatu fungsi bijektif dengan daerah asal dan daerah nilai dan mempunyai sifat- sifat sebagai berikut:
surjektif
himpunannya tak kosong
injektif
jenis-jenis transformasi :
1.refleksi atau pencerminan
2.translasi atau pergesaran
3.dilatasi atau perkalian.
4.Rotasi atau perputaran

6 .a.refleksi : . Refleksi atau pencerminan adalah memindahkan sebuah objek materi pada
bidang dengan cara dan rumus serta teori cermin datar. Hasil dari pencerminan
tersebut memperoleh bayangan.
1.Jarak benda semula sama dengan jarak bayangannya.
2.Tinggi benda semula sama dengan tinggi bayangannya.
3.Bangun benda semula sama dengan bangun bayangannya atau kongruen.
Sifat-sifat rerfleksi terhadap garis , yaitu :
Jarak bangun semula sama dengan jarak bayangannya.
Tinggi benda semula sama dengan tinggi bayangannya.
Bangun semula dengan bayangannya sama dengan sebangun (kongruen)

b.Rotasi : (perputaran)
Suatu gerak dikatakan berotasi apabila setiap titik berpindah sepanjang busur lingkaran
sejauh atau sebesar sudut tertentu. Pusat dari lingkaran tersebut disebut pusat perputaran.
Arah putaran diakatakan positif apabila arah putaran berlawanan arah dengan arah
putaran jarum jam. Sebaliknya arah putaran di katakana negative apabila putaran searah
dengan jarum jam.
c. Dilatasi:adalah perkalian (memperbesar atau memperkecil bangun), di mana suatu
bangun dikalikan dengan bilangan tertentu yang disebut dengan faktor skala biasanya
dilambangkan dengan k.
d.Translasi: (pergeseran)
Translasi ialah suatu perpindahan semua titik didalam bidang yang bersangkutan sejauh
jarak yang sama dan dalam arah yang sama.




Pembelajarannya kita dapat memulai dari mengajarkan dasar-dasar dan pokok-pokok bahasan yang akan di sampaikan untuk mengkolaborasikan pengembangan diri di dalam proses pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Ide penting dalam pembelajaran kooperatif adalah membelajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi. Keterampilan ini sangat penting bagi siswa, karena pada dunia kerja sebagian besar dilakukan secara kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar